RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Fungsi Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar

Fungsi/peranan suatu perpustakaan di perguruan ringgi, yang baik adalah sebagai berikut :
  1. Menyediakan buku-buku, majalah,dan bahan-bahan lain yang diperlukan oleh para mahasiswa untuk perkuliahannya.
  2. Menyediakan bahan-bahan penunjang dalam pengajaran dan penelitian oleh staf pengajar untuk matakuliah yang diajarkannya. Kalau perlu meminjamkan bahan-bahan yang diperlukan dari perpustakaan lain bila perpustakannya sendiri tidak memilikinya.
  3. Menyediakan bahan-bahan bacaan, seperti : buku dan majalah, tidak saja yang dipakai di dalam kelas atau buku teks, tetapi juga bahan-bahan lain yang lebih jelas sifatnya serta bahan-bahan untuk mengembangkan hobby dan bahan-bahan hiburan.
  4. Memenuhi keperluan yang lebih khusus yang disebabkan oleh kekhusussan suatu perguruan tinggi, bahan-bahan yang akan diperlukan oleh mahasiswa dalam praktek keguruan, penelitian, kebudayaan daerah, dan perkembangan pendidikan daerah, di mana perguruan tinggi itu berada, serta buku-buku petunjuk di mana bahan-bahan ini bisa di dapat.
  5. Membantu mahasiswa berkenalan dengan kesusasteraan anak-anak, alat-alat pandang dengan (audio,visual aid), serta memberikan pengarahan dalam pengembangan suatu perpustakaan sekolah.
  6. Membantu para mahasiswa untuk keperluannya sehari-hari akan informasi tentang daerah, staistik dan alamat-alamat serta tempat bahan-bahan yang akan mereka perlukan dalam praktek yang tersedia di perpustakaan-perpustakaan lain di daerahnya.
  7. Bertindak sebagai penghubung mahasiswa dngan perpustakaan lain.
  8. Menyediakan kesempatan untuk mahasiswa dalam melatih menggunakan buku-buku dari perpustakaan sebagai modal pertama bagi mereka akan melaksanakan tugas di sekolah-sekolah lain nantinya.
  9. Membuat buku pedoman perpustakaan, daftar-daftar penambahan buku, daftar bacaan untuk matakuliah tertentu dengan mengadakan pameran koleksi perpustakaan, baik di dalam maupun di luar kampus, supaya khalayak mengetahui bahan-bahan- yang tersedia di perpustakaan yang dapat dipergunakan dalam proses belajar-mengajar.

Posted 30 May 2011 10:18 AM by admin in Laboratorium sebagai Pusat Sumber Belajar


Download Attachment :
G1898518 Instalasi Wordpress Offline.pdf
Mkpbm I Mata Kuliah Pbm I.doc
Pengaruh Ifrs Terhadap Silabus Dan Materi Pengajaran Akuntansi Keuangan.doc
Workshop Pengembangan Silabus Dan Rpp Pada Guruguru Sekolah Dasar Se Kota Surabaya Tahun 2011.doc
Nara Sumber Pada Workshop Pengembangan Silabus Dan Rpp Pada Guruguru Sd Pemerintah Kota Surabaya Tanggal 20 Juli 2010.doc

Recent Post

  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...
  • Model Pembelajaran High/scope
    Model Pembelajaran High/scope - Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar ...
  • Hakikat Permainan Teka
    Hakikat Permainan Teka Teki - Pada hakikatnya permainan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh individu ...