RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Fungsi Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar

Fungsi/peranan suatu perpustakaan di perguruan ringgi, yang baik adalah sebagai berikut :
  1. Menyediakan buku-buku, majalah,dan bahan-bahan lain yang diperlukan oleh para mahasiswa untuk perkuliahannya.
  2. Menyediakan bahan-bahan penunjang dalam pengajaran dan penelitian oleh staf pengajar untuk matakuliah yang diajarkannya. Kalau perlu meminjamkan bahan-bahan yang diperlukan dari perpustakaan lain bila perpustakannya sendiri tidak memilikinya.
  3. Menyediakan bahan-bahan bacaan, seperti : buku dan majalah, tidak saja yang dipakai di dalam kelas atau buku teks, tetapi juga bahan-bahan lain yang lebih jelas sifatnya serta bahan-bahan untuk mengembangkan hobby dan bahan-bahan hiburan.
  4. Memenuhi keperluan yang lebih khusus yang disebabkan oleh kekhusussan suatu perguruan tinggi, bahan-bahan yang akan diperlukan oleh mahasiswa dalam praktek keguruan, penelitian, kebudayaan daerah, dan perkembangan pendidikan daerah, di mana perguruan tinggi itu berada, serta buku-buku petunjuk di mana bahan-bahan ini bisa di dapat.
  5. Membantu mahasiswa berkenalan dengan kesusasteraan anak-anak, alat-alat pandang dengan (audio,visual aid), serta memberikan pengarahan dalam pengembangan suatu perpustakaan sekolah.
  6. Membantu para mahasiswa untuk keperluannya sehari-hari akan informasi tentang daerah, staistik dan alamat-alamat serta tempat bahan-bahan yang akan mereka perlukan dalam praktek yang tersedia di perpustakaan-perpustakaan lain di daerahnya.
  7. Bertindak sebagai penghubung mahasiswa dngan perpustakaan lain.
  8. Menyediakan kesempatan untuk mahasiswa dalam melatih menggunakan buku-buku dari perpustakaan sebagai modal pertama bagi mereka akan melaksanakan tugas di sekolah-sekolah lain nantinya.
  9. Membuat buku pedoman perpustakaan, daftar-daftar penambahan buku, daftar bacaan untuk matakuliah tertentu dengan mengadakan pameran koleksi perpustakaan, baik di dalam maupun di luar kampus, supaya khalayak mengetahui bahan-bahan- yang tersedia di perpustakaan yang dapat dipergunakan dalam proses belajar-mengajar.

Posted 30 May 2011 10:18 AM by admin in Laboratorium sebagai Pusat Sumber Belajar


Download Attachment :
26.pdf
27.pdf
311.pdf
34.pdf
47.pdf

Recent Post

  • Prinsip pendidikan dan
    Prinsip pendidikan dan pengajaran peserta didik autis - AsesmenAsesmen adalah proses yang sitematis dalam mengumpulkan data berfungsi untuk ...
  • Contoh Asesmen Perkembangan
    Contoh Asesmen Perkembangan Peserta Didik Autis - Aspek Sosial Apakah anak dapat diajak dalam kegiatan menempel ...
  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...